APG 2022 Sukses, Menpora Terima Kasih kepada Presiden dan Seluruh Kontingen

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas arahan serta apresiasi kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka sehingga penyelenggaraan ASEAN Para Games (APG) Solo 2022 sukses. Kontingen Indonesia keluar sebagai juara umum.

“Kami ingin menyampaikan terima kasih kepada Presiden RI yang telah merestui dan memberi arahan kepada kami, untuk kita menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 ini setelah batal dilaksanakan di Vietnam,” kata Menpora Amali pada acara Closing Ceremony ASEAN Para Games Solo 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/8) malam.

Kegiatan yang bertemakan Striving for Equality ini telah diikuti 1.907 orang, terdiri dari 1.248 atlet dan 659 ofisial, mempertandingkan 14 cabor dan 457 nomor pertandingan serta memperebutkan 1.260 medali emas, perak dan perunggu.

“Dan pada akhirnya telah keluar sebagai juara umum dengan perolehan 175 medali emas, 144 medali perak, 106 medali perunggu dengan total raihan medali 425 adalah kontingen Indonesia,” tutur Menpora Amali disambut tangan meriah seisi stadion.

Baca juga: Penyelenggaraan ASEAN Paragames Solo 2022 Akan Dicontoh Negara-negara Lain 

Meski terbilang singkat dalam waktu persiapan, namun Indonesia berhasil membuktikan mampu menjadi tuan rumah yang baik berkat beberapa pengalaman yang dimiliki.

“Meski persiapan terbilang sangat singkat yaitu sekitar 5 bulan setelah Indonesia ditunjuk pada Februari 2022 lalu, tapi karena Indonesia telah berpengalaman melaksanakan even yang sama pada tahun 2011 lalu, di tempat yang sama yakni di Kota Surakarta,” urai Menpora Amali.

“Dan juga berkat telah sukses menjadi penyelenggara Asian Games dan Asian Para Games 2018 lalu, serta beberapa single even internasional sehingga Indonesia dapat mempersiapkan dan melaksanakan APG ke-11 ini dengan baik,” pungkas Menpora Amali. 

Nampak hadir, perwakilan Negara Kamboja sebagai tuan rumah Asean Para Games ke-12 tahun 2023, Presiden APSF, Dubes se- Asean, para menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI, Kapolri, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan ibu, Walikota Surakarta selaku Ketua Inaspoc Gibran Rakabuming Raka, Ketum NPC Senny Marbun serta Ketum NOC Raja Sapta Oktohari. (RO/OL-09)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.