Cek Korban Gempa Pasaman Barat, Risma Akan Buat Lumbung Sosial

Pasaman Barat, JogoBoyo.com

Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Risma berencana menyiapkan lumbung sosial sebagai tempat penyimpanan persediaan barang-barang kebutuhan pokok hingga obat-obatan pada masa tanggap darurat bencana di Sumatera Barat. 

Hal itu dikatakannya saat mengunjungi lokasi terkena dampak bencana gempa bumi di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar.

“Ke depan kami akan siapkan lumbung sosial. Kenapa kami siapkan, agar masyarakat bisa mandiri jadi tidak tergantung, karena jarak lokasi warga jauh ke kantor bupati,” kata Risma di posko pengungsian, Sabtu (26/2).

Menurutnya, penyediaan lumbung sosial di daerah yang rawan terdampak bencana akan mempercepat dan memudahkan pendistribusian bantuan.

“Lumbung sosial akan diletakkan di tempat sesuai dengan arahan pemerintah daerah, karena mereka yang tahu titiknya di mana,” ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, mobilisasi bantuan untuk korban bencana membutuhkan waktu karena permukiman warga yang terdampak gempa berjarak 15 kilometer dari ibu kota Kabupaten Pasaman Barat di Simpang Empat.

Risma juga mengunjungi sejumlah warga yang terdampak dan melihat bangunan rumah yang ambruk akibat gempa bumi.

“Bagi rumah yang tak layak huni, kami akan sediakan tenda dan sejumlah bantuan,” jelasnya.

Kementerian Sosial sejauh ini mengaku sudah mengirimkan bantuan bantuan berupa makanan, minuman, tenda, kasur, selimut, perlengkapan bayi, perlengkapan keluarga, peralatan dapur, pakaian anak, dan pakaian orang dewasa untuk korban gempa di Pasaman Barat.

Sebelumnya, gempa dengan magnitudo 6,1 terjadi yang pada Jumat (25/2) pagi terjadi di wilayah Pasaman Barat, Sumbar, dan menyebabkan sembilan orang meninggal dunia.

(nya/arh)

[Gambas:Video CNN]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.