Inovasi, kunci Traveloka bertahan satu dekade

Jakarta (ANTARA) – Inovasi menjadi kunci utama biro perjalanan daring Traveloka dapat bertahan dan berevolusi selama satu dekade.

“Sejak awal hadir kami berkomitmen tak akan berhenti berinovasi,” kata Co-Founder Traveloka, Albert, dalam konferensi pers daring, Rabu.

Sejak didirikan pada 2012, Traveloka telah berubah dari metasearch engine untuk pembanding harga tiket pesawat, biro perjalanan daring hingga aplikasi dengan fitur-fitur terkait perjalanan dan gaya hidup yang punya lebih dari 20 produk. Unicorn Tanah Air pertama yang mengembangkan bisnis di luar Indonesia ini mengembangkan sayap ke Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam sejak 2015.

Albert mengatakan, salah satu inovasi yang muncul dari kesulitan yang dihadapi masyarakat adalah layanan Paylater pada 2018. Layanan ini membuat pengguna bisa memesan lebih dulu dan membayar belakangan.

Ketika pandemi menghantam sektor pariwisata, pihaknya juga turut mendukung program pemerintah dalam vaksinasi lewat sentra vaksinasi COVID-19 di berbagai kota-kota besar. Kebutuhan terkait pandemi seperti tes COVID-19 dan fitur yang menjamin mitra-mitra telah mengikuti protokol kesehatan turut dihadirkan.

Baca juga: Traveloka Holiday Stays tawarkan akomodasi liburan yang lebih privat

Dalam perayaan 10 tahun, Traveloka menggelar program promosi bertajuk Salebrat10n dan kampanye Trave10ka Bday Bash dengan diskon hingga 70 persen untuk semua kategori produk dan layanan di aplikasi. Lebih dari 29 produk dan 22.000 mitra bergabung dalam promosi ini. Promosi ini berlaku mulai 24 Februari hingga 2 Maret 2022. Pengguna juga berpeluang mendapat penawaran lain lewat aktivitas seperti flash sale dan Grand Bazaar.

Chief Marketing Officer Traveloka Shirley Lesmana memberikan kiat untuk pengguna yang ingin berburu diskon, sesuaikan produk yang diincar dengan rencana perjalanan.

“Ada beberapa produk yang periode penggunaannya panjang, coba dicek perencanaan perjalanan untuk lebaran sampai akhir tahun, bisa dilihat di syarat dan ketentuan,” ujar Shirley.

Perayaan satu decade ini juga dilangsungkan serempak di Singapura, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Filipina yang menawarkan produk gaya hidup serta perjalanan dengan diskon hingga 50 persen.

Traveloka pun menghadirkan fitur baru berupa Traveloka Explore, inovasi yang membuat konsumen bisa mengunggah foto dan video singkat tentang pengalaman perjalanan dan gaya hidup mereka. Konten tersebut bisa dibagikan kepada teman dan publik lewat aplikasi yang diharapkan bisa memberikan inspirasi untuk pengguna lain.

Shirley menegaskan, Traveloka tetap berkomitmen membantu para pemangku kepentingan dan rekan bisnis untuk terus pulih dan bertumbuh di tengah pandemi.

Head of Platform Marketing Traveloka, Terry Santoso, optimistis kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah dan pemangku kepentingan dapat mendorong geliat pariwisata meski dunia masih diterpa badai omicron.

“Kita semua bisa beradaptasi, terbukti saat pandemi banyak tempat wisata domestik yang peningkatan sangat menakjubkan.”

Baca juga: Pengguna harian Traveloka meningkat berkat fitur Reward Zone

Baca juga: Traveloka hadirkan layanan pesan taksi Bluebird “QuickRide”

Baca juga: Traveloka hadirkan Game Farm International Championship

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.