NasDem Tower dan Reorientasi Peran Kader

Selasa, 22 Februari 2022 adalah hari bersejarah Partai NasDem. Hari peresmian gedung baru yang di sebut dengan NasDem Tower. 

Gedung 23 lantai yang dikerjakan dalam waktu 18 bulan dengan berbagai ornamen yang sangat megah. Gedung yang mengubah wajah NasDem menjadi partai yang paling siap dalam menghadapi kontestasi politik. Gedung yang dipersiapkan menjadi pusat peradaban dan pendidikan politik. Gedung yang sengaja di bangun atas dasar kesadaran politik dengan semua dinamika politik nasional dan internasioanal. 

Hari yang bersejarah itu di tandai dengan peresmian yang ditandatangani langsung Presiden RI Joko Widodo. Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan beberapa hal penting, pertama; apresiasi dan takjub atas peresmianNasdem tower sekaligus menegaskan bahwa belum ada gedung partai politik se megah ini. 

Kedua, rasanya belum pernah ada kantor partai politik sebesar ini. Bisa lihat gedung partai Republik dan Partai Demokrat di Amerika Serikat, bisa juga lihat partai besar di RRC, rasanya tidak semegah kantor NasDem Tower. 

Ketiga, Partai NasDem memang selalu punya cara untuk memberikan contoh paling depan dalam merawat bangsa ini. Kehadiran Presiden Jokowi disambut langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Sebelum memasuki acara resmi, Jokowi di ajak kelilin oleh Surya Paloh ke semua ruangan. Di antaranya, Jokowi berkesempatan duduk di kursi kerja Pak Surya Paloh, keliling ke ruangan syber, perpustakaan, ruang kerja para pimpinan. Kemegahan gedung terlihat jelas dengan berbagai sarana pelengkap, seperti ruang sitirahat, ruang fitnes, ruang terbuka, serta yang paling atas adalah lapangan halipad. 

Kelengkapan gedung ini sebegai sebuah penegasan bahwa NasDem telah mementaskan dirinya sebagai partai yang bisa sejajar dengan pertai lain di dunia. 

Dalam sambutan pembuka, Surya Paloh menyampaikan beberapa hal yang sangat fundamental, yaitu bagaimana NasDem menjadi garda terdepan dalam menjawab apa yang di harapkan pendahulu bangsa ini, yaitu menyejajarkan Indonesia dengan bangsa bangsa lain di dunia. 

Keberadaan NasDem tower tidak hanya sebagai kepentingan politik lima tahunan, tetapi jauh dari itu Surya Paloh menginginkan NasDem benar-benar serius mengajak semua masyarakat bangsa untuk percaya diri dengan penguatan kompetensi yang kita miliki. Menggantungkanlah cita-cita setinggi tingginya, meraih kesempatan sebaik baiknya, merawat bangsa ini dengan sepenuh hati. 

Sungguh bangsa ini lebih di kedepankan dibandingkan semua kelompok yang ada di negeri ini. Bangsa kita harus terus mengejar ketertinggalan kita dari berbagi aspek, ekonomi, sosial, politik dan kebijakan produktif lainnya. 

Negara berkembang seperti Indonesia, sejatinya harus melangkah lebih cepat, lebih kencang, lebih laju, karena jika hanya berharap kebiasaan lama kita, maka sulit kita bergerak lebih maju. NasDem Tower sebagai episentrum gerakan pendidikan politik, dengan membuktikan telah membuat kartu perpustakaan untuk Jan Etes –cucu Jokoi- sebagai anggota perpustakaan NasDem adalah wujud keterbukaan NasDem kepada semua elemen masyarakat. Pusat pergerakan yang di kembangkan menjadi jalan restorasi Indonesia. 

NasDem Tower telah diresmikan dengan semua doa-doa. Tahapan selanjutnya adalah apa yang selalu disampaikan Surya Paloh, semua kader NasDem harus memantaskan diri dengan supra struktur yang telah dimiliki. 

Gedung tidak hanya sebagai simbol gagah gagahan tanpa makna, justru NasDem Tower sebagai suluh pergerakan perubahan. Sumbu sekaligus pusat pergerakan mendorong berbaikan dan perubahan bangsa ini ke arah yang lebih progresif. 

Semua kader harus bisa menjadi garda terdepan menggawangi kepentingan rakyat. Kita masih banyak yang hidup di bawah garis kemiskinan, masih membutuhkan bantuan dari kader NasDem. Masih banyak yang membutuhkan pertolongan, bantuan, dan uluran tangan demi melangsungkan kehidupan. 

Masih banyak anak negeri yang hidup dalam ketidakpastian dan kekurangan, kader Nasdem harus bisa menjadi penyambung kebaikan. Masih banyak anak negeri yang tidak tahu harus berbuat apa, bekerja di mana, belum tau bagaimana mencari pekerjaan. Kondisi ini mengharuskan kader NasDem tampil sebagai aktor dalam memberikan solusi produktif. 

Cahaya NasDem Tower harus bisa menembus seluruh penjuru dunia. Gelombang perubahan selalu saja ada dan terus ada untuk Indonesia yang lebih baik. 

Reorientasi peran kader yang di harapkan Surya Paloh sebagai pemegang kendali perubahan, adalah ingin melihat bangsa ini tampil sejajar dengan bangsa lain. Ketika NasDem Tower telah dipancangkan dan dikukuhkan, saatnya kader bersiap untuk memenangkan semua kontestasi dalam semua perhelatan politik. 

Pengambilalihan dalam kemenangan politik adalah sebuah mimpi untuk menterjemahkan secara serius apa yang menjadi misi besar lahirnya Partaj NasDem. Berkali-kali Surya Paloh menegaskan bahwa NasDem hadir tidak hanya sebagai pelengkap partai politik yang ikut kontestasi politik lima tahunan, tetapi jauh dari itu. 

NasDem ingin mengambil peran yang lebih besar untuk tampil sebagai negara besar dan punya wibawa dimata dunia. Sebagai pengagum Bung Karno, Surya Paloh selalu berbicara lantang sebagaimana Bung Karno bercita-cita untuk bangsa ini. Pendiri bangsa ini telah mengorbankan seluruh jiwa raga, saatnya harus ada pembuktian anak bangsa untuk paham dan menegerti apa yang di inginkan pendahulu bangsa, bahwa Indonesia harus merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. 

Kita telah merdeka, telah lama menyusun berbagai sistem pemerintaha, kita telah bersatu dalam berbagai hal, kita juga berdaulat di berbagai sektor, tinggal bagaimana caranya agar kita bergerak pada dimensi keadilan dan kemakmuran. 

NasDem telah berikrar dalam menifesto gerakan perubahan bahwa tidak ingin demokrasi yang tidak beretika. Demokrasi yang berorientasi kepada keadilan dan kesejahteraan adalah tekat dan tonggak yang kuat yang diletakkan Surya Paloh. Seluruh kader NasDem sadar bahwa membangun bangsa ini tidak bisa sendiri-sendiri, tidak masing-masing, semua harus bergerak bersama menuju satu titik perubahan dengan garis komando yang intuitf. 

Pemimpin yang tidak hanya bisa dan mampu dalam mengatur roda pemerintahan tetapi juga punya naluri  yang kuat dalam persaingan global demi Indonesia yang lebih cemerlang. 

NasDem Tower telah menjadi sejarah sekaligus contoh bagaimana Partai Politik bergerak dan berbuat. Sebagai contoh tentu punya ujian yang juga tidak mudah, salah satunya adalah bagaimana mempertahankan marwah partai dengan tetap menjaga etika dan kesantunan politik. Salah satunya adalah kepekaan terhadap kepentingan publik. Di manapun peran besar yang di rekomendasikan oleh NasDem, baik di lembaga legislatif, eksekutif, yudikatif, maupun peran perwakilan di berbagai negara, harus bisa menjadi contoh dan teladan bagi kelangsungan nama baik NasDem dan Indonesia di mata dunia. 

Semoga NasDem Tower terus meberikan cahaya terang bagi anak negeri yang haus akan pendidikan politik dan penguatan identitas kebangsaan. Harapan besar yang paling utama atas kehadiaran NasDem Tower adalah sebagai energi bagi segenap anak bangsa yang ingin melihat bangsa ini tampil sebagai bangsa produktif di mata dunia. 

Surya Paloh sudah meletakkan pondasinya, selanjutnya kita bergerak membukikan gerakan perubahan memang bukan basa basi. Semakin meyakinkan bahwa bangsa kita memang layak dan pantas menjadi bangsa percontohan dunia. Selalu ada jalan membawa Indonesia ke jalan restorasi. Jalan Kaum Perubahan.       


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.